Mandul dan Kesuburan Pada Pria

Mandul dan Kesuburan Pada Pria

Mandul dan Kesuburan

Bagi banyak orang menjadi mandul sama halnya dengan sebuah bencana bagi mereka. Salah satu aspek utama yang membuat seorang pria tetap merasa muda dan jantan adalah kemampuan mereka memiliki keturunan dari pasangannya.

Bagi seorang pria, tidak ada hal yang lebih menyayat dan meremukkan hati selain menghadapi kenyataan bahwa ia tidak mampu mempunyai keturunan dari seorang wanita. Secara psikologis, hal ini dapat menjatuhkan harga diri sebagai seorang pria dan bahkan membuatnya merasa menjadi orang yang sudah tua dan jompo.

Berbicara mengenai proses pembuahan, tentu kita semua pernah belajar tentang terjadinya proses pembuahan hingga muncul menjadi bayi melalui pelajaran biologi di sekolah. Kita mungkin masih ingat bagaimana guru biologi  dengan nada datar menerangkan bahwa secara normal  pria memancarkan jutaan sel  sperma ke dalam vagina seorang wanita ketika keduannya sedang indehoy (bersetubuh).  Sel-sel sperma tersebut kemudian saling berebutan memasuki saluran telur atau tuba fallopi.

Apabila keduannya berhubungan intim tetap pada beberapa hari dalam sebulan ketika sel telur pasangan dilepaskan dari ovarium  atau sering disebut masa subur dan berjalan melewati salah satu saluran telur, maka sel-sel sperma dan sel telur itu akan bertemu.

Apabila salah satu sperma berhasil menembus dinding sel telur, maka terjadilah pembuahan dan dimulailah tahap kehamilan. Apabila kondisinya idela dan saat berhubungan intim tidak menggunakan alat kotrasepsi, maka peluang terjadinya kehamilan adalah 1 : 5 pada setiap bulannya.

Akan tetapi kadang guru kita dulu tidak bercerita panjang bahwa keadaaan tidak selalu berjalan demikian. Ada beberapa kasus dimana sel sperma dan telur gagal terjadi pembuahan.

Dalam hai ini kemandulan biasanya merupakan faktor penyebab yang paling utama. Kemandulan atau infertilitas biasanya didiagnosis setelah sepasang pria dan wanita telah melakukan hubungan intim dan pembuahan tanmpa hasil selama 12 bulan atau lebih.

Kemandulan dapat terjadi bahkan anda pernah mempunyai anak. Diperkirakan 40 hingga 50 persen dari masalah kemandulan itu terrletak di pihak wanita, karena wanita mempunyai masalah dalam peralatan reproduksinya. Salah satunya penggunaan salah satu alat kontrasepsi dalam waktu yang lama.

Sedangkan 50 persen sisanya berasal dari pihak pria yang bermaslaah dengan organ reproduksinya, salah satu contoh kurang berkualitasnya sperma.

Kadang-kadang pihak pria maupun pihak wanita sama-sama mempunyai andil yang sama besar dalam terhambatnya proses kehamilan dikarenakan kurang terbukannya dengan kondisi mereka diakibatkan malu atau yang lain.

Akibatnya dokter juga tidak dapat menentukan penyebab pasti mengapa anda dan pasangan anda tidak kunjung mendapatkan keturunan, karena dokter bukan orang sakti yang bisa membaca hati dan pikiran anda.

Penyebab dari  pihak pria umumnya dikarenakan hitungan sperma yang rendah atau karena kurang benih-benih tersebut sangat lamban dalam bergerak, dalam artian yang lain mereka memerlukan waktu lama ketika berenang sebelum bertemu dengan sel telur di saluran telur.

Karena lambatnya kecepatan berenang sperma inilah, maka banyak sel sperma yang keburu mati terkena vairan vagina yang asam sebelum sel-sel tersebut bertemu dengan sel telur.

Mandul dan Kesuburan pada pria

Hitungan atau jumlah sel sperma rendah pada pria diakibatkan oleh beberapa alasan seperti

  • Merokok
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Obat bius
  • Terkena bahan kimia
  • Radiasi
  • Dan lain-lain

Penyakit yang pernah diderita sewaktu kecil seperti campak dan riwayat terjadinya trauma terhadap organ seksual pria juga dapat mengurangi hitungan sperma.

Fred Licciardi, M.D., seorang pakar sekaligus profesor obstetri dan ginekologi di New York University Scholl of Medicinre mengatakan bahwa pembesaran vena dalam skrotum (kantung zakar) atau sering di sebut Hernia juga dapat menurunkan hitungan sperma.

Testis memerlukan suhu kira-kira dua derajat lebih rendah daripada temperatur bagian-bagian yang lain agar dapat memproduksi sperma. Varikokel atau pembesaran vena dalam skrotum ini dapat menyebabkan temperatur dalam testis naik dan membunuh sel-sel sperma.

Penyebab lain kemandulan pada pria adalah

  • Tersumbatnya vas deferens (saluran yang mengalirkan sperma dari testis ke penis)
  • Kanker testis
  • Infeksi
  • Trauma
  • Dan adanya antibodi yang melekatkan diri pada sperma sehingga sel sperma sulit bergerak.

Hal ini menyebabkan sperma rentan terhadap proses penghancuran oleh sel-sel darah putih. Antibodi terhadap sperma juga bisa muncul akibat infeksi atau trauma pada testis.

Hammer of Thor adalah salah satu obat herbal yang bisa membantu untuk meningkatkan kualitas sperma karena kandungan zat antioksidan yang ada didalamnya yang sangat tinggi dan juga sangat baik untuk meningkatkan testoteron pada pria.

Pada salah satu penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa sperma dengan kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya akan sangat membantu mempercepat proses pembuahan pada sel telur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *