12 Cara Alami Mengatasi Kemandulan bagi Pria

12 Cara Alami Mengatasi Kemandulan bagi Pria

Mengatasi kemandulan pada pria sering tidak bisa dilepaskan dari jasa seorang spesialis urologi atau endokrinologi reproduksi. Di indonesia salah satu dokter spesialis seperti itu adalah Dokter Boyke Dian Nugraha. Setelah menguji kualitas sperma anda, mungkin mereka akan menganjurkan anda untuk mengkonsumsi obat penyubur atau menjalani terapi teknologi tinggi.

Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa dicoba untuk memperbesar peluang mendapatkan seorang anak yang dapat anda coba terlebih dahulu sebelum anda berkonsultasi pada dokter.

12 Cara Alami Untuk Mendapatkan Keturunan:

  1. Tambah Asupan Vitamin C.

Larry Lipschultz,M. D., dosen urologi di Baylor Collage of Medicine di Houston mengatakan bahwa, “Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal dan kasus ini mencapai 16 persen di antara semua pria yang mandul. Dan beberapa studi juga telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin C setiap hari ternyata dapat meningkatkan kesuburan dikalangan pria perokok. Vitamin C adalah antioksidan yang membuatmembran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma”.

Tidak ada ruginya bila anda mengkonsumsi antara 1.000 hingga 1.500 miligram vitamin C setiap hari. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, strowberi, serta sayur-sayuran seperti brokoli, tomat dan kecambah adalah makanan yang kaya akan vitamin C.

Konsumsi juga suplemen vitamin C  500 mg bila diperlukan. Ingat, hanya bila diperlukan. Bagaimanapun juga, sumber vitamin C yang terbaik tetaplah buah-buahan dan sayur-sayuran.

  1. Redakan Stres

Walaupun kalangan kedokteran belum bisa memastikan kaitan pasti antara stres yang berlebihan dengan kurangnya hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti yoga  bisa juga anda coba. Paling tidak pikiran tenang, maka tubuh juga akan meresponnya secara positif.

  1. Usahakan Gairah Anda Memuncak

“Pria yang sangat terangsang ketika dia sedang bersenggama akan memancarkan semen yang lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat,” Kata Niels H. Lauersen, M. D., Ph. D., salah seorang pendiri New York Society of Reproductive Medicine di New York City dan pengarang Getting Prenant. Dia juga menyarankan agar kegiatan percumbuan atau foreplay dilakukan sekurang-kurangnya 20 menit.

  1. Mengatur Jadwal

Dr. Lauersen juga mengatakan, “ Hindari hubungan intim selama dua hingga lima hari sebelum pasangan anda (menurut dugaaan) akan mengalami ovulasi. Upaya ini akan meningkatkan hitungan sperma dan persentase sel-sel sperma sehat yang akan anda pancarkan juga juga lebih tinggi.

  1. Hindari Berolahraga Secara Berlebihan

“Kegiatan olehraga yang dilakukan secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengarahkan tenaga itu,” kata Mery Jane De Sauza, Ph.D., seorang spesialis fisiologi olahraga di Universitas of Connectiut Heakth Center di Farmington.

Dalam sebuah study di a=Amerika Serikat, para peneliti menemukan bahwa para pelari yang berlatih lebih dari 90 kilometer per minggu mempunyai hitungan sperma lebih rendah dan sel-sel sperma yang berdifat kurang matang daripada pria yang berlari kurang dari 50 kilometer per minggu.

Namun pakar kesehatan Eli Reshef, M.D., seorang spesialis endokrinologi reproduksi di Universitas of Oklahoma Hearth Sciences Center di Oklahoma City sedang seperti berjalan cepat atau berenang, tiga kali seminggu, masing-masing selama 20 menit, tidak akan mempengaruhi produksi sperma.

  1. Memakai Celana Boxer

Walaupun mungkin tidak sesfejtif yang diyakini oleh sebagian orang, mengganti celana dalam ketat dengan celana dalam model boxer atau celana kolor mungkin dapat menaikkan hitungan sperma anda. Pasalnya suhu testis anda akan lebih sejuk. Kepercayaan ini mungkin cukup berdasar, tetapi para peneliti di Amerika Serikat tidak menemukan perbedaaan mencolok dalam produksi sperma ketika seorang pria mengganti celana dalam ketat dengan celana boxer.

Namun dengan menggunakan celan boxer akan membantu untuk menangani gejala impotensi.

  1. Turunkan Berat Badan Beberapa Kilogram

Apabila anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan beberapa kilogram mungkinm meningkatkan kesuburan anda. “Ketika berat badan anda berlebihan, lapisan lemak dapat membungkus testis anda, jadi akan naik temperatur di bagian itu dan membunuh sperma di dalamnya,” kata Dr. Lipschults.

  1. Cermati Antibiotik Yang Anda Minum

Walaupun konsumsi antibiotik sangat berperan dalam terjadinya kemandulan, ada beberapa jenis antibiotik yang ternyata turut mempengaruhi mutu sperma dalam hal menurunkan hitungan sperma dan kelincahan gerakan sperma (kemampuan berenang). Yang tergolong antibiotik jenis ini adalah kelompok nitrofuran, contohnya furazone dan macrolides, misalnya eritrominis. Sebagai gantinya mintalah penisilin atau quinolone, misalnya cinoxacin (Cinobac).

  1. Hindari Mandi Sauna

“Berendam di dalam bak mandi sauna atau dalam air hangat, atau mandi dengan air hangat dengan suhu air yang lebih tinggi dario suhu tubuh dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menurunkan produksi sperma,” kata Wolfram Nolten, M.D., profesor ahli endokrinologi di University of Wisconsin Madison Center for Health Studies.

Jangan menghabiskan waktulebih dari 15 menit sehari berendam di bak hangat atau sauna, dan usahakan agar suhunya tidak lebih dari 36,5 derajat celcius.

  1. Simpan Pelumas Anda

Jeli (Gel) atau bahan pelumas lain mungkin dapat membuat hubungan intim anda lebih lancar, akan tetapi bahan yang ada di dalam kandungannya dapat mengurangi kelincahan sperma. “Belum lagi kalai pelumas/gel itu mengandung spermisida,” kata Dr. Nolten.

  1. Berhenti Merokok

Jika anda perokok, peluang anda untuk menjadi seorang ayah bisa turut terbang bersama dengan asap rokok. Merokok tampaknya mempunyai kaitan erat dengan lamban dan rendahnya hitungan sperma. Selain itu penelitian juga menemukan bahwa kasus keguguran meningkat menjadi 65 persen apabila kedua pasangan merokok atau bahkan meskipun hanya sang pria saja yang merokok.

  1. Hindari Minum Alkohol dan Obat-obatan Terlarang

Konsumsi marijuana dan obat-obat terlarang yang lain dalam waktu jangka panjang dapat berakibat pada menurunnya hitungan sperma dan tidak normalnya pola perkembangan sperma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *